Mahakarya Alam Gunung Prahu Wonosobo Jawa Tengah - Wisata Nusantara

Mahakarya Alam Gunung Prahu Wonosobo Jawa Tengah

http://note-adventure.blogspot.com/
Saya Ahmad Roqib, saya menyukai dunia traveling sejak masuk di bangku kuliah semester dua , waktu itu saya kuliah sambil bekerja dan pekerjaan saya menjadi foto gajah yang bekerja sama dengan Pemkab Pekalongan Wisata Linggo Asri Kajen. Dari situlah saya mengenal beberapa wisata yang ada di Jawa Tengah karena pekerjaan saya keliling Jawa Tengah, namun sebenarnya wisata yang paling saya sukai adalah wisata alam dan gunung maka sejak saat itu ketika libur semester tiba saya pasti mendaki gunung baik di Jawa Tengah Jawa Timur, dan Jawa Barat namun yang paling berkesan dihati saya adalah ketika saya berwisata ke gunung prahu Wonosobo dan wisata wisata di daerah Dieng, disamping warga di lereng gunung prahu yang ramah disitu juga banyak keunikan dan keindahan yang saya dapati ada beberapa keunikan seperti:

Carica Gratis dari Warga Untuk Pendaki Gunung 
Foto  Milik Ahmad Roqib
Sesuatu yang tidak biasa dan saya tidak pernah menjumpai di tempat wisata wisata yang lain, saya juga tidak tau kenapa mereka mau melakukan ini, jika dipikir pikir apabila dijual saja pasti para pendaki dan wisatawan yang akan membelinya disamping itu bisa dijadikan oleh-oeleh atau sekedar pelepas dahaga sehabis turun gunung, sungguh kesederhanaan yang sudah langka di Indonesia untuk jaman sekarang ini dan kita generasi mudah harus bisa mencontohnya karena kekayaan itu tidak harus diukur dengan berlimpahnya harta, kebahagiaan orang yang memberi adalah sebuah kekayaan yang tidak bisa dinilai dengan angka kita perlu mencontoh orang orang seperti ini.

Anak dengan Rambut Gimbal 
Foto  Milik Ahmad Roqib

Mungkin ketika anda brosing di internet mengenai anak gimbal yang ada di wonosobo anda hanya akan melihat fotonya saja, itulah beberapa kunikan yang aku dapati ketika berwisata disana kami melihat langsung anak itu, konon katanya menurut artikel yang saya baca, bocah gimbal ini adalah keturunan bangsawan wonosobo dan konon katanya lagi untuk memotong rambut gimbalnya ini harus ada ritual khusus dan didalam ritual itu permintaan apa saja oleh anak tersebut harus di turuti karena kalau tidak anak akan menjadi sakit sehabis dipotong dan rambut gimbalnya akan tumbuh lagi ngerih juga ya, dan tradisi ruat atau potong gimbal ini diadakan setiap tahun di dieng bersamaan dengan Culture Festival atau acara acara lain yang sejenis didalam acara tersebut biasanya banyak event seperti pelepasan liontin atau pelepasan balon, dan acara acara culture lain, dan untuk menikmati itu semua anda harus pantau terus website Dinas Pariwisata Jawa Tengah www.central-java-tourism.com Biasanya pada bulan bulan juli sampai agustus.

Keindahan Gunung Sindoro Sumbing 
Foto Milik Ahmad Roqib

Saya tidak bisa menuliskan betapa saya sangat senang dan bahagia ketika melihat sunrise di atas gunung prahu wonosobo, di puncak teletubis, tidak hanya ada rumput yang hijau, bunga bunga, tenda-tenda pendaki pelengkap keindahan itu, atau awan berada di bawah kita namun juga kita bisa melihat gunung sumbing dan gunung sindoro berjejer sungguh luar biasa, tidak hanya itu kita juga akan melihat danau telaga warna dieng, dan keindahan alam lain yang tidak bisa saya ungkapkan. 
Foto Milik Ahmad Roqib


Danau telaga warna sungguh indah dipandang diatas ketinggian ini, saya berharap keindahan keindahan yang masih alami ini bisa disebarkan ke orang luar sehingga banyak orang yang bisa menikmatinya.
Foto Milik Ahmad Roqib


Sedikit Tips dari Saya
Jika anda ingin berwisata ke dieng atau mendaki ke gunung prahu, persiapkan terlebih dahulu apa saja yang akan anda bawa, dan wisata-wisata didaerah mana saja yang akan anda kunjungi, karena sebenarnya tidak hanya lokasi diatas gunung prahu saja yang pemandangan alamnya berikut adalah daftarnya: 
  • Taman Wisata Alam Telaga Warna, Telaga Pengilon, Komplek Pertapaan Mandala Sari
  • Obyek Wisata Alam Kawah Sikidang
  • Obyek Wisata Komplek Candi Arjuna
  • Dieng Plateau Theater
  • Sumur Jalatunda
  • Batu Ratapan Angin
  • Bukit Sikunir ( Spot Golden Sunrise )
  • Tuk Bima Lukar ( Mata Air Awet Muda )
  • Candi
Sungguh sangat disayangkan jika anda datang dari jauh tidak menikmati semua keindahan-keindahan ini dan sebaiknya jika anda ingin berwisata kesini jangan diwaktu musim hujan karena anda bisa dipastikan tidak akan mendapatkan gambar yang bagus.

Sekian celotehan saya ini dan semoga bermanfaat untuk anda yang ingin berkunjung ke Jawa Tengah, jika ada pertanyaan mengenai Dieng dan wisata Jawa Tengan anda bisa berkomentar dibawah ini.

Jangan lupa dishare ya .......? 
Terimakasih sebelumnya sudah menyempatkan share.

6 komentar:

Zaitun Hakimiah NS mengatakan...

kok aku pas ke Prau nggak nemu Carica gratis yaa??
hehehe

encun mengatakan...

Nggak beruntung tu ... kalau malam hari emang nggak ada hihihihihihih

Unknown mengatakan...

Lumayan ki gratis

Cupang Hias 2020 mengatakan...

Wah asik banget nich

BROTOD mengatakan...

Wah bagus ini untuk tempat wisata, bila ingin menginap, coba menginap di Hotel murah di semarang ini aja. :)

Obat Penyakit Infeksi Usus Herbal mengatakan...

terimakasih banyak, sangat menarik sekali nih, siip deh

Posting Komentar